Tau kah Sobat Muda, bahwa pada tanggal 12 Agustus dunia memperingati International Youth Day (IYD) atau Hari Remaja Internasional. Hari peringatan ini pertama kali dicetuskan oleh perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1998.

Tercetusnya hal ini didasari pemikiran bahwa pentingnya remaja memiliki satu hari khusus sebagai peringatan untuk merayakan secara bersama-sama terkait mengenai dunia remaja secara keseluruhan dari berbagai penjuru dunia. Peringatan tahunan ini selalu mengangkat tema yang berbeda setiap tahunnya, mulai dari tema pendidikan, kesehatan, dan lain-lain. Tema berganti disesuaikan dengan kondisi remaja saat ini.

International Youth Day di Indonesia sendiri pertama kali diperingati pada tahun 2000. Dan pada tahun 2017 ini “Youth Building Peace” menjadi tema peringatan International Youth Day. Tema ini dimaksudkan agar para remaja mengetahui bahwa mereka adalah aktor penting dalam pencegahan konflik dan mempertahankan perdamaian. Maka dari itu Youth Forum Bantul ikut memperingati peringatan tersebut dengan membuat sebuah acara yang dihadiri perwakilan komunitas-komunitas remaja khususnya di Bantul, acara ini dilakukan pada hari Sabtu, 12 Agustus 2017 Di Pendopo Parasamya Bantul

Sekitar 66 remaja perwakilan dari beberapa komunitas-komunitas yang ada di Bantul  hadir dalam acara ini, banyak hal-hal yang dilakukan dan juga ada beberapa game yang seru dimana game yang dibuat ini bertujuan agar menambah pengetahuan para remaja tentang Kesehatan Reproduksi. Selain game ada juga sesi “InfoLing” atau Info Keliling dimana para remaja bersama-sama membuat bunga hias yang terdapat informasi-informasi mengenai Kesehatan Reproduksi lalu di sebarkan ke Masyarakat. Tidak ketinggalan pula Pensi yang dilakukan oleh para remaja yang hadir, dari menyanyi sampai menampilkan sebuah Dialog tentang Kehamilan yang Tidak Diinginkan yang marak terjadi di remaja saat ini.

Tidak sampai disitu saja keseruan yang terjadi, terdapat Doorprize yang diberikan untuk mengapresiasikan penampilan-penampilan dari para remaja tersebut.
Wah serukan acara International Youth Day yang ada di Bantul

Penulis : Siska Herisa Putri

Editor : Esti Yulianingsih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *